Saturday, 7 October 2017

Manasik Haji serasa di Tanah Suci di Firdaus Fatimah Zahra



Menunaikan Ibadah Haji sebagai  Rukun Islam yang Ke Lima merupakan impian setiap umat muslim. Tetapi karena jarak, waktu dan biaya yang tidak murah, sehingga tidak semua umat muslim bisa melaksanakannya. Hanya bagi mereka yang mampu, mau dan mendapatkan panggilan dari Allah sajalah yang bisa menjalankan ibadah haji. Apalagi waktu tunggu dari pendaftaran hingga pemberangkatan Haji saat ini sudah hampir 10 tahun, menjadikan Ibadah Haji merupakan ibadah yang semakin Istimewa.

Bagi umat muslim yang belum bisa melaksanakan haji akan tetapi memiliki keluangan waktu dan uang, bisa melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Karena ibadah Umrah bisa dilaksanakan sewaktu-waktu tanpa menunggu musim haji. Meskipun ibadah umrah ini sifatnya sunnah, akan tetap umrah juga menjadi ibadah impian umat muslim. Karena dengan umrah, kita bisa melksanakan ibadah layaknya ibadah haji di mekkah dan madinah sekaligus berziarah ke makam para nabi.

Bagaimana jika belum mampu untuk berhaji maupun berumrah? Akan tetapi ingin juga menikmati suasana layaknya beribadah di mekkah maupun dimadinah?. Nah saat ini sudah ada Firdaus Fatimah Zahra yang merupakan tempat manasik haji yang dibagun oleh Biro Umroh dan Haji Fatimah Zahra Semarang di daerah Gunungpati Kota Semarang.

Ditanah seluas 3 hektar ini dibagun tempat manasik haji lengkap dengan berbagai replika tempat suci di mekkah maupun madinah. Diantaranya masjidil Haram, Ka,bah, makam ibrahim, masjid nabawi lengkap dengan replika Roudah, padang arafah, bukit safa dan marwah, mina, muzdalidah dan jabal rahmah. Awalnya tempat ini hanya digunakan untuk Manasik jemaah calon haji maupun umrah yang diberangkatkan oleh biro Fatimah Zahra, namun saat ini sudah dibuka untuk umum.

Pas sekali dengan teman arisan link bloger Gandjelrel ke 12 dengan tema “ yang pertama” Tema ciamik ini diusung oleh mama Arkan mbak Wuri Nugraeni dan mbak Dini Rahmawati yang cantik nan anggun. Saya mau cerita mengenai Pengalaman pertama melaksanakan Manasik Haji di Firdaus Fatimah Zahra bersama majelis Taklim Masjid baitussalam Ngaliyan Semarang. Berhubung saya generasi zaman X yang waktu sekolah belum ada manasik haji, jadi ini benar-benar pengalaman pertaman saya. Tidak seperti anak generasi Y yang sudah dikenalkan manasik Haji sejak sekolah di Taman Kanak-kanak.

Saya dan rombongan melaksanakan manasik di Firdaus Fatimah Zahra pada hari minggu tanggal 24 September 2017 yang lalu. Ketika sampai dilokasi, kami diberi “Paspor” dari Fatimah Zahra yang juga berfungsi sebagai tiket masuk ke lokasi tersebut.

1.    Cek in Di bandara King abdul Aziz Jedah.


Bagi yang sudah memiliki “Paspor” bisa langsung masuk ke dalam dengan menunjukkan “paspor” tersebut, kemudian akan di periksa oleh bagian imigrasi di Bandara King Abdul Aziz jedah. Didalam miniatur bandara ini terdapat loket pemeriksaan imigrasi, dan pengambilan koper. Ketika masuk ke Dalam bandara, berjejer toko-toko yang menjajakan oleh-oleh khas ibadah haji/umrah, toilet dan juga ruang tunggu yang nyaman.Suasananya persis seperti sedang berada di bandara.
Disini pembimbing manasik mulai menjelaskan tata cara, syarat rukun dan hal-hal lain yang berkaitan dengan persiapan melaksanakan ibadah haji/umrah. Termasuk mempraktekkan cara mengenakan pakaian ihrom.

2.    Tawaf di Masjidil Haram.



Setelah dari bandara , jamaah digiring ke miniatur Masjidil haram. Dalam komplek miniatur masjidil Haram ini terdapat Ka'bah, yang merupakan poros atau arah kiblat sholat umat islam se Dunia. Disana kita mempraktekkan tawaf (memutari Ka'bah) sebanyak 7x seperti yang dilakukan umat muslim ketika melakukan ibadah haji/umrah.

selain ka'bah di dalam komplek masjidil Haram juga terdapat "Hajar Sawad" dan makam Nabi Ibrahim.

3.    Sai dari bukit Safa ke Bukit Marwah



Setelah tawaf, jama'ah masuk kesebuah lorong yang merupakan jalan yang dilalui untuk sai. disana jama'ah mempraktekkan Sai ( lari-lari kecil) dari bukit Safa ke bukit Marwah. 
Sai ini sendiri merupakan cerminan kisah siti Hajar istri Nabi Ibrahim yang kala itu mencari air untuk Sang anak Ismail, dengan berlari bolak-balik dari bukit safa ke bukit marwah. di firdaus Fatimah Zahra memiliki miniatur bukit safa, bukit marwah dan lorong jalan yang menghubungkan kedua nya. dibuat semirip mungkin sehingga kita bena-benar merasa di sana.

4.    Bermalam Di muzdalidah




ketika melaksanakan ibadah Haji, salah satu rukun wajib nya adalah mabit (bermalam) di arafah dan muzdalifah. firdaus fatimah Zahra membuat kawasan perkemahan seperti di arafah dan muzdalifah lengkap dengan toilet yang bentuknya khas seperti di muzdalifah.


5.    Melempar jumrah




melempar jumrah merupakan salah satu rukun haji yang wajib, nah disini juga terdapat miniatur Jamarat yaitu tempat untuk melempar jumrah. ada tiga jamarat yaitu : Ula, wustho dan aqobah. 

6.    Jabal Rahmah






      Jabal Rahmah berarti bukit kasih sayang, tempat dimana siti hawa dan Nabi Adam A.S bertemu pertama kali setelah diturunkan dari syurga. bukit ini dipercaya bisa mempererat jalinan kasih bagi yang sudah memiliki pasangan. bahkan ada beberapa yang menuliskan namanya dan pasangannya dengan harapan hubungan mereka akan langgeng. tapi sebenarnya itu tidak diiznkan karena sama saja merusak situs sejarah dan mendekati syirik. 
Firdaus Fatimah Zahra juga memiliki miniatur jabal rahmah, lengkap dengan anak tangga yang digunakan untuk naik kepuncak dan tugu yang terdapat di puncak bukit tersebut.

7.    Sholat arbain di masjid Nabawi.



salah satu yang di inginkan oleh umat muslim ketika ke madinah adalah bisa melaksanakan Sholat Arbain di masjid nabawi.
8.    Berburu oleh-oleh Khas ibadah haji dan umrah.



4 comments:

  1. Waaah suasananya didesain mirip aslinya yah. Manasik di sini dijamin bakal paham nih saat ibadah haji

    ReplyDelete
  2. Anakku mau kesana rencananya minggu depan. Pas gugling eh ketemu di blognya mba Ade. Bermanfaat banget jadi tau isinya Firdaus Fatimah Azzahra ini

    ReplyDelete
  3. Mantap Jeng Ade. Saya bersama rombongan, In Sya Alloh, tanggal 27 Oktober juga mo ziarah ke sini. Moga3 berkah manfaah. Aamiin YRA.

    ReplyDelete

Share