Friday, 20 October 2017

3 aktivitas yang bikin emak happy di rumah.


Menikah ternyata tidak hanya mengubah status di KTP dari lajang menjadi menikah, tapi juga merubah pola pikir dan gaya hidup. Waktu masih lajang mau pergi kemana aja bebas, yang penting dapet ijin orang tua dan bikin gue happy. Minimal sebulan sekali entah beli baju, sepatu, atau tas baru demi penampilan yang oke. Tapi setelah menikah bahkan punya anak, apapun yang dilakukan pertimbangannya makin banyak. Ya ijin dari pasangan, gimana anak-anak? , pantes atau tidak “hal tersebut” dilakukan? . itu sih kalau saya, bagaimana dengan anda yang juga sudah menikah?.

Semenjak menikah, saya benar-benar merasakan perbedaan tersebut. Dulu waktu masih lajang, salah satu hoby saya adalah jalan-jalan, makan dan nonton. Apalagi hobi tersebut sudah ada sejak kecil karena orang tua seneng banget ngajak saya jalan-jalan dan pasti jajan dan makan “diluar”. Bahkan abah saya sudah ngajak nonton bioskop sejak saya masih TK. Jadi ga heran lah kalau akhirnya saya punya hobi tersebut.
Dulu, salah satu kriteria waktu cari pacar juga yang suka ngajak jalan, makan dan nonton. Dan ketemulah dengan si doi yang kini jadi suami.

Tapi ternyata setelah menikah, ga gampang untuk menjalankan hobi tersebut seperti masih lajang. Suami  agak susah di ajak jalan karena kerjaan yang banyak di jalan, jadi bosen kali yah kalo sampe rumah di ajak jalan lagi ma istri?. Belum lagi biasanya doi justru sibuk di hari weekend, jadi jalan kalo lagi ada perlu atau butuh sesuatu.

Alhamdulillah sih akhir-akhir ini dia sadar, sesekali ngajak liburan untuk menyeimbangkan hidup cie..Menyadari kenyataan dan keadaan tersebut, saya sekarang punya 3 aktifitas yang bikin happy di rumah.Biar ga stress mikir kerjaan rumah yang tak kunjung habis atau tiap hari denger rengekan anak-anak yang kadang bikin darah rendah.

3 aktivitas yang bikin emak tetap happy di rumah, antara lain:

1. Jalan-jalan di dunia maya aka stalking sosmed.


menyadari sekarang suami plus partner jalan yang makin sibuk dan kehadiran duo balita sholihah yang ga bisa lepas dari ibu nya,  membuat hobi jalan-jalan terpaksa dialihkan. Ya dialihkan dari jalan-jalan menyusuri bumi Allah yang indah, jadi jalan-jalan di dunia maya atau sering disebut stalking sosmed (sosial media).

Sekedar baca status atau tulisan teman-teman, sudah cukup membuat saya happy. Karena dari sosmed kita biaa tau bagaimana kabar dan aktifitas teman atau kerabat. selain itu dari stalking sosmed juga kita bisa tau trend fashion terbaru, tempat wisata atau nongkrong yang lagi hits, bahkan film terbaru pun bisa kita ketahui dari stalking sosmed.
selain itu, dari stalking sosmed ini saya bisa baca-baca tulisan resum kulwap atau seminar parenting dari status teman atau blog post yang berisi informasi yang saya rasa perlu untuk di baca.

2. Nonton film "bioskop" di Televisi.

Jaman masih lajang saya hobi banget ninton di bioskop. Pernah jaman SMA bolos dan kehujanan sepanjang jalan demi nonton Film AADC. waktu masih SD - SMP sering diajak sepupu nonton film india kalau lagi main rumahnya di jakarta. Dan waktu kerja, selalu bawain abah makanan kesukaan sebagai "sogokan" waktu pulang malam karena abis nonton di bioskop sepulang kerja.
Berhubung sesudah menikah suami kurang suka nonton, dan sekarang anak-anak masih balita. Maka hobi nanton di bioskop terpaksa ditahan deh.

Salah satu pengobat rindu dari hobi nonton di bioskop adalah nonton film "bioskop" di Televisi (tv). Jujur meski sudah jadi emak beranak 2, saya tetap tidak suka nonton sinetron atau drama berseri di televisi. Takut kecanduan dan gelo ketika ketinggalan satu episode. Drama berseri yang saya suka adalah drama korea, itupun biasanya nonton di laptop.

Saya lebih suka film yang langsung habis atau berdurasi 2-3 jm saja, ga bikin penasaran. Beruntung saat ini beberapa stasiun televisi dalam negeri setiap hari ada yang menayangkan film-film Hollywood maupun indonesia yang pernah tayang dibioskop. 

Biasanya saya menonton ketika malam anak-anak sudah tidur dan suami belum pulang. Itu bisa jadi "me time" yang indah, apalagi sambil ngemil dan minum kopi.

Kadang hari pagi saat si kakak sekolah dan si adek tidur, sambil menyetrika atau masak saya juga suka nonton FTV.

3. mencoba resep baru.


Saya punya satu hobby baru yang datang karena tuntutan dari anak-anak. si sulungku, lagi seneng-senengnya eksplore di dapur, setiap hari ada saja keinginannya untuk bikin sesuatu. Padahal saya ga jago masak atau bikin kue, paling bisa masakan warteg. 

Tapi demi anak, akhirnya saya rela berburu resep dan mencobanya bersama-sama. Meskipun pada akhirnya cuma saya dan suami yang makan karena dia tidak suka ngemil.
Dari mencoba resep ini setidaknya saya bisa stok cemilan sehat dan hemat. dibandingkan beli jadi, dengan membuat sendiri kita bisa atur sesuai budget dan bahan-bahan yang digunakan aman untuk anak-anak.

syukur-syukur dari hobi ini, bisa menjadi peluang usaha yang bisa dikerjakan dari rumah.

Nah itulah 3 aktivitas yang bikin emak tetep happy di rumah ala saya. Tulisan ini juga guna memenuhi arisan blog gandjelrel putaran ke 13 dengan tema " Aku dan Hobi ku" yang diusung oleh mbak Ika Puspita dan Arina Mabruroh.

2 comments:

  1. Jadi kalu ada yang bilang di rumah aja itu ngga asik pasti nggak punya kegiatan seru ya mbak...NOL BESAR !!! :D

    ReplyDelete
  2. Aku jugaa...sejak menikah dan punya anak, hobiku jadi berubah..hehe

    ReplyDelete

Share