Saturday, 9 September 2017

Liburan berkesan bersama keluarga Ke yogyakarta


Siapa yang suka liburan? Biasanya sih anak-anak sekolah dan orang yang bekerja bakal angkat tangan. Yups, jangankan yang mempunyai rutinitas harian seperti sekolah atau bekerja, untuk ibu rumah tangga seperti saya pun butuh banget liburan. Berhenti sejenak dari rutinitas uplek didapur, bergelut dengan cucian dan setrikaan yang tak ada habisnya, dan bersih-bersih rumah yang ga pernah ada rapi nya.

Jadi kesimpulannya semua orang butuh liburan, setuju?.

Pas banget arisan link bloger gandjel rel ke 5 ini mengangkat tema "liburan yang paling berkesan ". Tema menarik yang lagi hits ini di usulkan oleh copy writer ayu wuri nugraeni dan bu dosen cantik muna sungkar. Kenapa lagi hits? Karena sekarang liburan/ traveling sudah menjadi lifestyle, bisa dibilang kurang hits kalo belum datang ke tempat wisata atau spot selfie terbaru.

Tapi kalau emak-emak dengan duo balita seperti saya ini memilih tempat liburan tidak hanya yang lagu hits, tapi memikirkan keamanan dan kenyamanan anak-anak. Jangan sampe deh, demi bisa selfie di spot baru tapi anak2 kecapean karna medan yang jauh apa lagi terjal, bahaya kan?.

Biasanya saya dan keluarga memilih liburan tidak selalu pas masa liburan anak sekolah atau hari besar. Disamping rame dan macet di jalan, suami kalau yang lain libur dia kerja dan yang lain kerja biasanya libur.
Jadi ga gampang mengatur jadwal karena kerjaan dia bisa mendadak sewaktu-waktu.

Nah, untuk mensiasatinya saya suka ngintil kalo suami ada kerjaan di luar kota. Seperti beberapa waktu yang lalu, suami ada kerjaan di yogya dan saya langsung kepikiran ngikut karena sudah lama banget pengen ngajak anak-anak ke kebun binatang gembira loka.
Alhamdulillah suami Acc dan kami langsung booking hotel padahal waktu itu 1 bulan sebelumnya.

Sebenernya sih saya yang sangat antusias, mengajak anak-anak liburan keluar kota karena ingin memberikan pengalaman dan kenangan indah untuk mereka kelak.

Ga kaya ibu nya dulu, paling-paling tegal - jakarta itu pun karena orang tua usaha nya di jakarta.

Tidak seperti liburan yang biasanya, saya berinisiatif untuk tidak membawa mobil ke yogja nya tapi menggunakan travel untuk perjalanan pulang pergi Semarang - yogja dan selama di yogja menggunakan taksi online. Dengan pertimbangan biaya dan efektifitasnya, karena rencana kita di yogya dari jum'at - senin. Dari pada sewa mobil plus driver selama itu, mending biayanya kita alokasi kan ke yang lain.
selama perjalanan alhamdulillah anak2 bisa menikmati dan tidak rewel.

Kami Tiba di Hotel Grand Serela sekitar jam 7 malam, anak2 sangat senang dan antusias. Tapi sepertinya mereka kecapean karena tidak tidur sepanjang perjalanan, jadi sampai dikamar langsung pada tidur. Padahal sih sebenernya kita berencana ke malioboro untuk jalan- jalan dan makan malam. Akhirnya kita makan malam di hotel, dan langsung istirahat.

Anak- anak sangat betah di dalam kamar hotel, meskipun kita sudah sering mengajak mereka menginap di hotel. Sampai-sampai ketika sarapan pun, si kaka pengen cepet-cepet kembali ke kamar. Padahal ibunya pengen jalan-jalan..

Karena suami kerja nya mulai sabtu siang, jadi dia memberi kita kesempatan untuk jalan-jalan le tempat terdekat saja. akhirnya saya mengajal anak-anak ke mall ambarukmo, karena dekat dan aman lah bawa duo balita aktif tanpa ditemeni suami.

Malam ke dua anak-anak juga tidur awal sekitar jam 7, karena siangnya mereka tidak tidur siang. Acara ke malioboro kita pun gagal lagi, akhirnya saya dan suami rapat keluarga saja deh di kamar. Kebetulan hari itu bertepatan dengan ulanh tahun pernikahan kita ke 7, jadi kita saling evaluasi perjalanan rumah tangga kita selama ini.

Hari terakhir kita pergi ke kebun binatang gembira loka, sedari pagi anak-anak sudah samangat. Selama di sana amira dan nabila sangat antusias, melihat dan mengenalkan langsung binatang yang selama ini baru dilihatnya di buku saja.

di gembira loka ternyata banyak sekali wahana bermain yang bisa kita nikmati bersama anak-anak. Seperti :
1. Sangkar/rumah satwa.
2. Area Bird Park.
3. Reptil and Amphibian Park.
4. Laboratorium Gembira Loka (museum).
5. Sepeda air.
6. Perahu Engkol (dayung/kayuh).
7. Kereta mini keliling area kebun binatang.
8. Kolam tangkap.
9. Area ATV dan Sepeda Track.
10. Kapal Katamaran (dengan kaca untuk melihat biota air).
11. Mayang Tirta.

Rasanya belum puas mengelilingi dan menikmati semua wahana yang ada, selama 5 jam yang terasa sangat cepat. Tapi kita harus segera kembali ke hotel karena sudah booking travel untuk pulang ke semarang.

Bahagia rasanya, melihat anak-anak senang selama perjalanan dan liburan kita di yogya. Meskipun ada beberapa rencana yang batal karena anak-anak tidur dan lebih betah main di kamar hotel.

Tapi bagi saya liburan bersama suami dan anak-anak selalu saja Memiliki kesan tersendiri.

Kalau anda liburan paling berkesan kemana?

3 comments:

  1. Liburan berkesan pastinya kalo full team yaa dengan suami dan kiddos..

    ReplyDelete
  2. Kapan hari itu aku ke Jogja seharian ke Taman Pintar, mau ke Gembira Loka tapi pikir2 jauh.

    ReplyDelete
  3. Family trip kek gini emang berkesan ya. Walo rempong hahaha. Makasih Ade :*

    ReplyDelete

Share