Saturday, 1 April 2017

Membangun Komunitas, Membangun Peradaban

Membangun peradaban, dari Menjadi Koordinator IT.

Alhamdulillah, bersyukur sekali saya dipertemukan dengan komunitas yang tidak hanya memberi ilmu, tapi membantu para member untuk menemukan jati diri dan berkontribusi.

Ya, saya ibu seorang ibu rumah tangga dengan dua balita aktif dan tanpa ART. Saya menyadari betul amanah yang saya terima ini tidak lah mudah. Butuh ilmu, kesabaran dan ketelatenan.

Awalnya, saya hanya tertarik menjadi anggota saja, menyadari kerepotan n management waktu yang blm tertata apik.
Tapi ternyata Allah berkehendak lain, melalu perantara koordinator IIP kota Semarang mengamanahi saya untuk menjadi koordinator rumah belajar (rumbel) IT.

Awalnya sih ragu2 apakah saya bisa menjalankan amanah ini? Mengingat kemampuan saya di bidang IT masih cetek dan belum seberapa. Karna bukan berasal dari lulusan IT dan hanya belajar secara otodidak. Tapi suami menguatkan dan meyakinkan saya bahwa, Ini adalah amanah besar dari Allah agar saya bisa berkontribusi dari hal kecil yang saya bisa.

Maka Bismillah.. Saya terima Amanah sebagai koordinator Rumah Belajar IT.

A. Kondisi member IIP saat ini.

Di era globalisasi sekarang ini, internet memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Mau cari info apapun buka internet, mau masak cari resep di internet, kesasar cari alamat buka internet, bahkan menyimpan dokumen maupun memori foto pun melalui jaringan internet. Rasa- rasanya tiada hari tanpa membuka internet.

Tapi tidak sedikit pula diantara para member atau ibu ibu pada umum nya yang belum bisa mengoptimalkan fungsi internet. Padahal kita sebagai orangtua perlu mengontrol anak kita dalam mengakses jaringan internet. Selain itu orang tua juga bisa membantu mencari informasi yang di perlukan guna menunjang tugas / studi ananda.

B. Tantangan yang dihadapi.

Karna ilmu yang saya miliki masih seputar online dan blogging. Maka saya harus lebih banyak belajar lagi, salah satunya di bidang desain brosur / spanduk untuk menunjang kegiatan IIP.

C. Bakat Yang Allah Berikan untuk kebermanfaatan Komunitas.

Meskipun belum ahli / expert, saya tetap bersyukur di beri pemahaman dan kemampuan di bidang sosial media konten maupun blogging.
Karena melalui kemampuan tersebut saya bisa berjejaring, belajar, menyalurkan hoby bahkan mendapatkan penghasilan tambahan.

Saya ingin kemampuan dan ilmu yang sedikit ini saya bagikan kepada member IIP yang lain. Agar para member bisa dengan mudah mendapatkan informasi, berkomunitas dan saling berbagi ilmu lewat media sosial.

D. Perubahan yang ingin saya lakukan untuk rumah belajar IT di IIP Semarang setahun kedepan.

Minimal para member bisa memiliki dan mengoptimalkan media sosial yang dimiliki untuk kepentingan berkomunitas dan mengikuti setiap program IIP.

Kemudian masing masing member memiliki blog pribadi yang digunakan untuk menyimpan tugas2 program matrikulasi dan IIP yang lain. Selain itu mereka bisa menggunakan blog untuk membuat portofolio anak ataupun berbagi pengalaman dalam mendidik anak. Sehingga kita bisa sama sama bertukar pengalaman dan ilmu dalam mendidik anak maupun dalam hal rumah tangga.

Semoga Allah meridhoi setiap langkah kita, demi kemajuan komunitas kita tercinta ini dan membangun peradaban baru yang lebih baik.

NHW#10_Ade hermawati_semarang

No comments:

Post a Comment

Share