Friday, 27 October 2017

5 ruangan yang bikin betah di rumah



Berbicara mengenai rumah idaman, kebanyakan orang menginginkan rumah di pedesaan atau pegunungan dengan udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang segar. Jauh dari hiruk pikuk dan gemerlap kehidupan di kota, sambil menikmati masa tua bersama keluarga.
Saya sendiri yang lahir dan dibesarkan di desa, rumah mewah (mepet sawah) justru sebaliknya. Saya menginginkan rumah dipinggiran kota, agar dekat dengan berbagai fasilitas umum, tempat suami bekerja dan anak-anak bersekolah.

Meskipun orang tua dan mertua menawari untuk membangun rumah di desa, tapi sampai dengan saat ini saya dan suami belum Ada keinginan kesana.

Ya mungkin karena sudah dari lahir di desa, dan sekarang aktifitas suami dan anak-anak di kota. Jadi pilihan saya jatuh ke pinggiran kota. Kenapa pinggiran kota? Karna suasana masih seperti didesa, tapi masih bisa menjangkau aktifitas dan fasilitas di kota. Misal di daerah ungaran, gunung pati atau mijen.

Disana udara masih sejuk dan suasana masih asri, tapi jarak ke kota semarang masih terjangkau.

Untuk rumah, saya ingin yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Awal menikah saya tinggal dirumah tipe 21, rasanya longgar karena masuk rumah tersebut hanya membawa baju saja tanpa perabotan apapun. Seiring berjalannya waktu, rumah terasa sempit karena dihuni 5 orang dan penuh dengan perabotan.

Saat ini alhamdulillah, sudah pindah ke rumah yang lebih besar tapi tidak terlalu luas. Pas lah sesuai dengan impian semasa masih tinggal di rumah lama. Karena ada beberapa ruagan yang dulu saya dan suami andai-andaikan ada ketika memiliki rumah sendiri, yang akan membuat kami lebih betah di rumah.

Nah, berikut 5 ruangan yang bikin betah di rumah versi saya dan suami :

1. Ruang kerja dan perpustakaan pribadi.

Suami saya adalah seorang pekerja mandiri atau wiraswasta. Kalau ada job atau meeting baru keluar rumah, selebihnya ia menghabiskan waktu di dalam rumah. banyak hal yang berkaitan dengan pekerjaannya dia kerjakan di rumah, oleh sebab itu perlu tempat yang nyaman untuk kerja di rumah.

Ruang kerja menjadi satu hal penting yang harus ada, agar suami bisa tetap berkarya di rumah dengan nyaman dan tanpa gangguan anak-anak.

Selain sebagai ruang kerja, ruangan ini juga berfungsi sebagai perpustakaan pribadi. Suami hobi membaca dan banyak sekali koleksi buku yang berkaitan dengan pekerjaan nya. Oleh karena itu, buku-buku koleksinya tersebut diletakkan di ruang yang sama dengan ia bekerja. Tujuannya agar mudah terjangkau ketika dibutuhkan.

2. Dapur yang luas dan nyaman.

Saya bukan ahli memasak, tapi suka mengajak anak-anak eksplore di dapur. Awalnya sih karena tidak ada asisten, tapi tetap bisa memasak sambil mengawasi anak yang masih batita. Tidak menyangka lama-kelamaan mereka enjoy dan tidak jarang mengajak saya membuat sesuatu atau mencoba resep baru.

Karena dirumah yang dulu dapurnya sempit, dan ruang gerak terbatas. Maka saya menginginkan dapur yang lebih luas, bersih dan anak-anak nyaman.

3. Taman belakang.

memiliki taman belakang merupakan salah satu ruang yag kami impikan ada di rumah kami kelak. taman tersebut berada dibagian samping atau belakang dari rumah. Di taman tersebut terdapat kolam ikan lengkap dengan air mancur kecil, karena suami sangat suka dengan ikan.

Selain itu ada lahan yang cukup untuk berkebun, yang bisa ditanami sayur mayur, bumbu dapur atau tanaman obat dalam pot. 

Disisi lain ada ada kandang burung yang berkicau, dan bangku yang bisa digunakan untuk ngeteh atau bersantai bersama keluarga.

4. Mushola out door.

Suatu hari saya berkunjung ke rumah teman yang memiliki mushola out door. Letaknya persis di samping kolam renang dan tidak atau pintu maupun tembok yang menghubungkan dengan halaman belakang.

Saya dan suami langsung jatuh hati, kelak jika punya rumah sendiri ingin letak musholanya juga outdoor. "Agar bersentuhan langsung dengan alam, jadi kalau tahajut lebih nyaman" begitu pendapat suami.

Tidak harus dekat kolam renang atau taman belakang. jika memang lahan tidak cukup, mushola bisa diletakkan di lantai atas dengan konsep seperti gazebo. Jadi tetap bisa langsung berinteraksi dengan alam.

5. Kamar utama menghadap taman belakang.

saya menginginkan memiliki kamar utama yang menghadap taman belakang. Jadi ketika membuka jendela kamar bisa langsung melihat kolam ikan, mengawasi tanaman kesayangan, mendengarkan gemercik air dari kolam ikan, dan kicauan burung. 

Jadi meskipun nanti rumah tidak di desa, tapi bisa mendapat feel seolah-olah seperti di desa.

Itulah 5 ruangan yang bikin betah di rumah versi saya dan suami. Meskipun rumah yang kami tempati saat ini adalah rumah kontrakan, tapi kami sangat bersyukur karena Allah sudah mengabulkan keinginan saya dan suami untuk menempati rumah yang nyaman sesuai dengan impian. Dan 5 ruangan yang bikin betah di rumah tersebut ada di rumah yang kami tempati saat ini.

Harapan saya, semoga diberikan kemudahan dan keberkahan rezeki agar segera memiki rumah pribadi yang dibeli cash. Dengan lokasi dan bentuk sesuai yang kami impikan.
bagaimana dengan rumah impian masa depan kalian?

Tema tulisan ini sesuai dengan tema arisan blog gandjel rel yang ke 14. Yang diusulkan oleh duo arsitektur cantik mbak Archa Bella dan Dian nafi.

Friday, 20 October 2017

3 aktivitas yang bikin emak happy di rumah.


Menikah ternyata tidak hanya mengubah status di KTP dari lajang menjadi menikah, tapi juga merubah pola pikir dan gaya hidup. Waktu masih lajang mau pergi kemana aja bebas, yang penting dapet ijin orang tua dan bikin gue happy. Minimal sebulan sekali entah beli baju, sepatu, atau tas baru demi penampilan yang oke. Tapi setelah menikah bahkan punya anak, apapun yang dilakukan pertimbangannya makin banyak. Ya ijin dari pasangan, gimana anak-anak? , pantes atau tidak “hal tersebut” dilakukan? . itu sih kalau saya, bagaimana dengan anda yang juga sudah menikah?.

Semenjak menikah, saya benar-benar merasakan perbedaan tersebut. Dulu waktu masih lajang, salah satu hoby saya adalah jalan-jalan, makan dan nonton. Apalagi hobi tersebut sudah ada sejak kecil karena orang tua seneng banget ngajak saya jalan-jalan dan pasti jajan dan makan “diluar”. Bahkan abah saya sudah ngajak nonton bioskop sejak saya masih TK. Jadi ga heran lah kalau akhirnya saya punya hobi tersebut.
Dulu, salah satu kriteria waktu cari pacar juga yang suka ngajak jalan, makan dan nonton. Dan ketemulah dengan si doi yang kini jadi suami.

Tapi ternyata setelah menikah, ga gampang untuk menjalankan hobi tersebut seperti masih lajang. Suami  agak susah di ajak jalan karena kerjaan yang banyak di jalan, jadi bosen kali yah kalo sampe rumah di ajak jalan lagi ma istri?. Belum lagi biasanya doi justru sibuk di hari weekend, jadi jalan kalo lagi ada perlu atau butuh sesuatu.

Alhamdulillah sih akhir-akhir ini dia sadar, sesekali ngajak liburan untuk menyeimbangkan hidup cie..Menyadari kenyataan dan keadaan tersebut, saya sekarang punya 3 aktifitas yang bikin happy di rumah.Biar ga stress mikir kerjaan rumah yang tak kunjung habis atau tiap hari denger rengekan anak-anak yang kadang bikin darah rendah.

3 aktivitas yang bikin emak tetap happy di rumah, antara lain:

1. Jalan-jalan di dunia maya aka stalking sosmed.


menyadari sekarang suami plus partner jalan yang makin sibuk dan kehadiran duo balita sholihah yang ga bisa lepas dari ibu nya,  membuat hobi jalan-jalan terpaksa dialihkan. Ya dialihkan dari jalan-jalan menyusuri bumi Allah yang indah, jadi jalan-jalan di dunia maya atau sering disebut stalking sosmed (sosial media).

Sekedar baca status atau tulisan teman-teman, sudah cukup membuat saya happy. Karena dari sosmed kita biaa tau bagaimana kabar dan aktifitas teman atau kerabat. selain itu dari stalking sosmed juga kita bisa tau trend fashion terbaru, tempat wisata atau nongkrong yang lagi hits, bahkan film terbaru pun bisa kita ketahui dari stalking sosmed.
selain itu, dari stalking sosmed ini saya bisa baca-baca tulisan resum kulwap atau seminar parenting dari status teman atau blog post yang berisi informasi yang saya rasa perlu untuk di baca.

2. Nonton film "bioskop" di Televisi.

Jaman masih lajang saya hobi banget ninton di bioskop. Pernah jaman SMA bolos dan kehujanan sepanjang jalan demi nonton Film AADC. waktu masih SD - SMP sering diajak sepupu nonton film india kalau lagi main rumahnya di jakarta. Dan waktu kerja, selalu bawain abah makanan kesukaan sebagai "sogokan" waktu pulang malam karena abis nonton di bioskop sepulang kerja.
Berhubung sesudah menikah suami kurang suka nonton, dan sekarang anak-anak masih balita. Maka hobi nanton di bioskop terpaksa ditahan deh.

Salah satu pengobat rindu dari hobi nonton di bioskop adalah nonton film "bioskop" di Televisi (tv). Jujur meski sudah jadi emak beranak 2, saya tetap tidak suka nonton sinetron atau drama berseri di televisi. Takut kecanduan dan gelo ketika ketinggalan satu episode. Drama berseri yang saya suka adalah drama korea, itupun biasanya nonton di laptop.

Saya lebih suka film yang langsung habis atau berdurasi 2-3 jm saja, ga bikin penasaran. Beruntung saat ini beberapa stasiun televisi dalam negeri setiap hari ada yang menayangkan film-film Hollywood maupun indonesia yang pernah tayang dibioskop. 

Biasanya saya menonton ketika malam anak-anak sudah tidur dan suami belum pulang. Itu bisa jadi "me time" yang indah, apalagi sambil ngemil dan minum kopi.

Kadang hari pagi saat si kakak sekolah dan si adek tidur, sambil menyetrika atau masak saya juga suka nonton FTV.

3. mencoba resep baru.


Saya punya satu hobby baru yang datang karena tuntutan dari anak-anak. si sulungku, lagi seneng-senengnya eksplore di dapur, setiap hari ada saja keinginannya untuk bikin sesuatu. Padahal saya ga jago masak atau bikin kue, paling bisa masakan warteg. 

Tapi demi anak, akhirnya saya rela berburu resep dan mencobanya bersama-sama. Meskipun pada akhirnya cuma saya dan suami yang makan karena dia tidak suka ngemil.
Dari mencoba resep ini setidaknya saya bisa stok cemilan sehat dan hemat. dibandingkan beli jadi, dengan membuat sendiri kita bisa atur sesuai budget dan bahan-bahan yang digunakan aman untuk anak-anak.

syukur-syukur dari hobi ini, bisa menjadi peluang usaha yang bisa dikerjakan dari rumah.

Nah itulah 3 aktivitas yang bikin emak tetep happy di rumah ala saya. Tulisan ini juga guna memenuhi arisan blog gandjelrel putaran ke 13 dengan tema " Aku dan Hobi ku" yang diusung oleh mbak Ika Puspita dan Arina Mabruroh.

Saturday, 7 October 2017

Manasik Haji serasa di Tanah Suci di Firdaus Fatimah Zahra



Menunaikan Ibadah Haji sebagai  Rukun Islam yang Ke Lima merupakan impian setiap umat muslim. Tetapi karena jarak, waktu dan biaya yang tidak murah, sehingga tidak semua umat muslim bisa melaksanakannya. Hanya bagi mereka yang mampu, mau dan mendapatkan panggilan dari Allah sajalah yang bisa menjalankan ibadah haji. Apalagi waktu tunggu dari pendaftaran hingga pemberangkatan Haji saat ini sudah hampir 10 tahun, menjadikan Ibadah Haji merupakan ibadah yang semakin Istimewa.

Bagi umat muslim yang belum bisa melaksanakan haji akan tetapi memiliki keluangan waktu dan uang, bisa melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Karena ibadah Umrah bisa dilaksanakan sewaktu-waktu tanpa menunggu musim haji. Meskipun ibadah umrah ini sifatnya sunnah, akan tetap umrah juga menjadi ibadah impian umat muslim. Karena dengan umrah, kita bisa melksanakan ibadah layaknya ibadah haji di mekkah dan madinah sekaligus berziarah ke makam para nabi.

Bagaimana jika belum mampu untuk berhaji maupun berumrah? Akan tetapi ingin juga menikmati suasana layaknya beribadah di mekkah maupun dimadinah?. Nah saat ini sudah ada Firdaus Fatimah Zahra yang merupakan tempat manasik haji yang dibagun oleh Biro Umroh dan Haji Fatimah Zahra Semarang di daerah Gunungpati Kota Semarang.

Ditanah seluas 3 hektar ini dibagun tempat manasik haji lengkap dengan berbagai replika tempat suci di mekkah maupun madinah. Diantaranya masjidil Haram, Ka,bah, makam ibrahim, masjid nabawi lengkap dengan replika Roudah, padang arafah, bukit safa dan marwah, mina, muzdalidah dan jabal rahmah. Awalnya tempat ini hanya digunakan untuk Manasik jemaah calon haji maupun umrah yang diberangkatkan oleh biro Fatimah Zahra, namun saat ini sudah dibuka untuk umum.

Pas sekali dengan teman arisan link bloger Gandjelrel ke 12 dengan tema “ yang pertama” Tema ciamik ini diusung oleh mama Arkan mbak Wuri Nugraeni dan mbak Dini Rahmawati yang cantik nan anggun. Saya mau cerita mengenai Pengalaman pertama melaksanakan Manasik Haji di Firdaus Fatimah Zahra bersama majelis Taklim Masjid baitussalam Ngaliyan Semarang. Berhubung saya generasi zaman X yang waktu sekolah belum ada manasik haji, jadi ini benar-benar pengalaman pertaman saya. Tidak seperti anak generasi Y yang sudah dikenalkan manasik Haji sejak sekolah di Taman Kanak-kanak.

Saya dan rombongan melaksanakan manasik di Firdaus Fatimah Zahra pada hari minggu tanggal 24 September 2017 yang lalu. Ketika sampai dilokasi, kami diberi “Paspor” dari Fatimah Zahra yang juga berfungsi sebagai tiket masuk ke lokasi tersebut.

1.    Cek in Di bandara King abdul Aziz Jedah.


Bagi yang sudah memiliki “Paspor” bisa langsung masuk ke dalam dengan menunjukkan “paspor” tersebut, kemudian akan di periksa oleh bagian imigrasi di Bandara King Abdul Aziz jedah. Didalam miniatur bandara ini terdapat loket pemeriksaan imigrasi, dan pengambilan koper. Ketika masuk ke Dalam bandara, berjejer toko-toko yang menjajakan oleh-oleh khas ibadah haji/umrah, toilet dan juga ruang tunggu yang nyaman.Suasananya persis seperti sedang berada di bandara.
Disini pembimbing manasik mulai menjelaskan tata cara, syarat rukun dan hal-hal lain yang berkaitan dengan persiapan melaksanakan ibadah haji/umrah. Termasuk mempraktekkan cara mengenakan pakaian ihrom.

2.    Tawaf di Masjidil Haram.



Setelah dari bandara , jamaah digiring ke miniatur Masjidil haram. Dalam komplek miniatur masjidil Haram ini terdapat Ka'bah, yang merupakan poros atau arah kiblat sholat umat islam se Dunia. Disana kita mempraktekkan tawaf (memutari Ka'bah) sebanyak 7x seperti yang dilakukan umat muslim ketika melakukan ibadah haji/umrah.

selain ka'bah di dalam komplek masjidil Haram juga terdapat "Hajar Sawad" dan makam Nabi Ibrahim.

3.    Sai dari bukit Safa ke Bukit Marwah



Setelah tawaf, jama'ah masuk kesebuah lorong yang merupakan jalan yang dilalui untuk sai. disana jama'ah mempraktekkan Sai ( lari-lari kecil) dari bukit Safa ke bukit Marwah. 
Sai ini sendiri merupakan cerminan kisah siti Hajar istri Nabi Ibrahim yang kala itu mencari air untuk Sang anak Ismail, dengan berlari bolak-balik dari bukit safa ke bukit marwah. di firdaus Fatimah Zahra memiliki miniatur bukit safa, bukit marwah dan lorong jalan yang menghubungkan kedua nya. dibuat semirip mungkin sehingga kita bena-benar merasa di sana.

4.    Bermalam Di muzdalidah




ketika melaksanakan ibadah Haji, salah satu rukun wajib nya adalah mabit (bermalam) di arafah dan muzdalifah. firdaus fatimah Zahra membuat kawasan perkemahan seperti di arafah dan muzdalifah lengkap dengan toilet yang bentuknya khas seperti di muzdalifah.


5.    Melempar jumrah




melempar jumrah merupakan salah satu rukun haji yang wajib, nah disini juga terdapat miniatur Jamarat yaitu tempat untuk melempar jumrah. ada tiga jamarat yaitu : Ula, wustho dan aqobah. 

6.    Jabal Rahmah






      Jabal Rahmah berarti bukit kasih sayang, tempat dimana siti hawa dan Nabi Adam A.S bertemu pertama kali setelah diturunkan dari syurga. bukit ini dipercaya bisa mempererat jalinan kasih bagi yang sudah memiliki pasangan. bahkan ada beberapa yang menuliskan namanya dan pasangannya dengan harapan hubungan mereka akan langgeng. tapi sebenarnya itu tidak diiznkan karena sama saja merusak situs sejarah dan mendekati syirik. 
Firdaus Fatimah Zahra juga memiliki miniatur jabal rahmah, lengkap dengan anak tangga yang digunakan untuk naik kepuncak dan tugu yang terdapat di puncak bukit tersebut.

7.    Sholat arbain di masjid Nabawi.



salah satu yang di inginkan oleh umat muslim ketika ke madinah adalah bisa melaksanakan Sholat Arbain di masjid nabawi.
8.    Berburu oleh-oleh Khas ibadah haji dan umrah.



Tuesday, 26 September 2017

5 Aplikasi Pendukung Ngeblog Via HP


Selamat Pagi, cuaca semarang akhir-akhir ini menjadi sejuk yah?. Alhamdulillah.. Setelah musim kemarau yang berkepanjangan akhirnya hujan turun juga. Sepertinya memang ini menandai datangnya musim hujan. 

Tahun baru, Musim baru dan Semangat baru.. Selamat tahun baru hijriyah bagi yang merayakan, semoga ditahun baru ini banyak hal positif yang bisa kita tingkatkan.
Tahun baru biasanya identik dengan resolusi atau hal-hal yang ingin di lakukan atau ditingkatkan di tahun ini. Untuk saya sendiri salah satu resolusinya adalah pengen serius ngeblog. Meskipun sudah memiliki blog dari tahun 2012, tapi selama ini masih angot-angotan. Bahkan banyak liburnya ketimbang ngeblog nya, alhasil blog nganggur deh.

Salah satu cara agar lebih serius ngeblog adalah dengan membeli domain, jadi yang semula gratisan dari blogspot kini sudah TLD ( top level domain) menjadi .com. Harapannya sih untuk memicu semangat agar lebih rajin lagi nulis nya, tidak hanya pas liputan atau arisan saja.

Selama ini saya ngeblog via Handphone (HP), salah satu alasannya karna laptop rusak dan biaya servis lumayan mahal sama seperti untuk beli HP baru. Buat emak-emak kok rasanya sayang, mending nabung lagi buat beli yang baru. Kedua, dirumah masih punya 2 balita yang ga bisa lihat ibu nya pegang laptop, pasti diminta buat nonton video atau mainan, makanya laptop lama rusak parah huhuhu...

Berdasarkan pengalaman tersebut, maka yang selama ini saya lakukan n dirasa masih cukup aman ya ngeblog via HP. Itupun biasanya pas anak- anak tidur, dan harus esktra sabar ngetik di HP berukuran mini dan kadang tiba-tiba hang. Alhamdulillah.. Terbantu banget sekarang banyak aplikasi yang membantu aktifitas ngeblog via HP yang bisa kita download secara gratis. Berikut aplikasi apa saja yang  biasa saya gunakan ketika ngeblog via HP.

5 Aplikasi pendukung ngeblog via HP :

1. Google Chrome.


Google Chrome ini saya gunakan untuk mencari data ataupun gambar yang berkaitan dengan materi yang akan kita tulis di blog. aplikasi ini biasanya sudah bawaan dari Handphone Android, jadi tidak perlu instal lagi. biasanya saya juga mengedit tulisan di blog lewat chrome, karena tampilannya yang persis seperti di PC jadi mudah dan bisa ngedit kapan dan diman saja.

2. bloger.


Aplikasi bloger for android ini cukup sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Aplikasi ini dilengakapi dengan fitur publikasi artikel, menambah gambar dan label ke entri blog. Selain itu juga bisa menambahkan lokasi ke setiap postingan yang dibuat.

Untuk mengedit tulisan, aplikasi ini juga memiliki fasilitas menebalkan tulisan, memiringkan tulisan, atau pun tebal miring. Serta dapat pula memberikan link di dalam tulisan yang dibuat.

3. Picsart.


Aplikasi Picsart digunakan untuk mengedit foto yang 

4. Snapsheed.


snapseed ini saya gunakan juga untuk edit foto, lebih sering sih untuk ,menambahkan tulisan atau watermark pada foto ayng akan di sematkan di Blog.

5. Sosial Media.



Sosial Media berguna untuk share tulisan di blog, tujuannya agar.


nah, itulah 5 aplikasi pendukung Ngeblog Via HP yang saya gunakan dalam aktifitas ngeblog. tulisan ini juga sebagai Arisan Link Bloger Gandjel rel yang bertema "Aplikasi yang mendukung dunia perbloginganmu". tema ini diusung oleh bloger dan penulis cantik yang baru saja menikah mbak Nyi Penengah Dewanti dan blogger kece mbak Rahma


Friday, 15 September 2017

Buku favorit panduan sehari-hari


Cerita tentang buku favorit, sebenarnya sih saya binggung buku mana yang jadi favorit. Tapi berhubung tema arisan link ke 7 Bertema " buku favoritmu apa yang menginspirasi sehari-harimu " yang di gagas oleh mbak Vita Puspitasari dan Anita Lusia Dewi Saya coba serbagi beberapa buku yang sering saya baca, bahkan jadi panduan sehari-hari.

Berikut 3 buku favorit panduan sehari-hari :

1. Bimbingan Islam Untuk Hidup Muslim (Petunjuk praktis menjadi muslim seutuhnya dari lahir sampai mati berdasarkan Al Qur'an dan Sunah Rasulullah).


Merupakan buku favorit yang saya jadikan sebagai Salah satu rujukan Dalam memahami ajaran Agama Islam. Buku ini seperti Juklak ( petunjuk pelaksanaan) bagaimana seorang Muslim harus menjalani syariat Islam.
Buku Ini berisi tentang penjelasan Ibadah- ibadah yang Ada Dalam rukun Islam, seperti syahadat, sholat, Zakat, Puasa Dan Haji. Semacam buku ilmu Fiqh tapi dikemas Dalam bahasa yang mudah difahami disertai dengan dasar ayat Dan hadist nya.

Selain Itu juga terdapat penjelasan mengenai bagaimana seharusnya akhlak seorang Muslim, hingga membahas menganai Muamalah.

2. HYPNOTHERAPY For Children (Cara mudah Dan efektif menerapi anak ).


Berawal Dari membaca buku Hypnotherapy karya Adi W Gunawan, yang membahas bagaimana menerapy diri sendiri Dan merilis mental block yang Kita miliki selama Ini. Kemudian says tertarik dengan buku Hypnotherapy lain karya Adi W Gunawan, salah satunya Hypnotherapy For Children ini.

Buku ini berisi tentang berbagai Cara membantu anak keluar Dari mental block maupun memiliki "masalah dengan Dirinya" dengan berbagai metode teraphy. Diantara nya : berbagai skrip sugesti, HypnoSleep , Hypno EFT, NLP Dan pemprograman pikiran dengan sensualisasi.

Tapi Dari berbagai metode tersebut, saya lebih sering menggunakan metode EFT yang Sudan dikombinasikan menjadi SEFT ( spiritual freedom technic). Disamping untuk terapi diri sendiri ketika sedang merasa kurang Nyaman, metode ini juga sering saya praktekkan ke anak-anak.

3. Hallo Balita.

Sebenarnya sih INI buku favorit anak-anak, tapi berhubung mereka belum bisa membaca jadi saya deh yang bacain buat mereka. Hallo balita merupakan buku paket Terbitan Mandira Dian Semesta, berisi 25 buku cerita, 1 buku panduan orang tua , Dan satu boardbook berbahasa inggris.
Buku ini saya beli ketika masih mengandung Amira, Dan alhamdulillah awet sampai kini diwariskan ke adiknya.

Awalnya lama sekali mendapat ijin suami ketika akan membeli buku ini, Karena memang harganya yang cukup mahal. Tapi ketika saya coba tawarkan bisa ikut arisan Alhamdulillah suami mengizinkan.

buku yang berisi cerita tentang self help, value, Dan spiritual ini sangat digemari anak-anak. Disamping ceritanya yang simple tapi sarat akan nilai, visualisasi gambarnya juga menarik.

Buku paket hallo balita ini juga dilengkapi Dengan 3 boneka tangan karakter dalam buku tersebut yaitu : Sali, Saliha, Dan Kumi ( kucing milik sali Dan saliha). Buku ini menjadi buku wajib Dan panduan ketika membacakan cerita sebelum tidur ke anak-anak.

Itulah 3 buku yang sering saya baca sekaligus menjadi buku favorit panduan sehari-hari .

5 kuliner Khas Tegal yang Paling Ngangenin



Hidup diperantauan ternyata banyak tantangan yah? selain harus beradaptasi dengan lingkungan. Kita juga harus beradaptasi dengan makanan, bahasa dan cuaca di daerah perantauan tersebut.  Saya lahir dan dibesarkan di tegal , tapi orang tua merantau ke Jakarta sejak tahun  1990 hingga sekarang. Sedangkan saya merantau sejak tahun 1999 ketika melanjutkan jenjang pendidikan di pesantren di kota Pemalang. Kemudian tahun 2002 merantau ke Semarang untuk melanjutkan kuliyah di salah satu perguruan tinggi disana.

Selama merantau di Pemalang sebenarnya tidak banyak perbedaan dengan ketika masih tinggal di tegal, karena pemalang dan tegal berdekatan. Jadi dari segi bahasa, makanan, maupun cuaca tidak banyak berbeda. Sedikit masalah justru terjadi ketika saya merantau ke Semarang, meskipun sama-sama masih satu provinsi dan sama-sama masih suku jawa tapi ada beberapa hal yang berbeda. Salah satunya adalah Dari segi bahasa, ada sedikit perbedaan meskipun sama-sama suku jawa. Tegal lebih dikenal dengan bahasa ngapak-nya sedangkan semarang lebih ke bahasa jawa alusnya.

Yang kedua adalah makanan, di tegal rasa makanan lebih cenderung asin sedangkan di Semarang cenderung manis. Awalnya memang merasa aneh bahkan tidak doyan, “ masakan kok kaya kolak” begitu komen mamah ketika pertama kali mencicipi makanan di semarang. Tapi seiring berjalannya waktu, mau tidak mau harus doyan dan terbiasa akhirnya lidah saya pun sudah terbiasa.
Pas sekali dengan tema arisan link gandjelrel ke 3 yang diusulkan oleh Rizka alyna dan Alley H tentang "sesuatu yang paling kamu kangenin". Yang selalu aku kangenin ya kuliner tegal, terutama yang belum bisa ditemui di Semarang.

Berikut 5 kuliner Khas Tegal yang Paling Ngangenin :

1. Rujak Teplak. 



Rujak teplak ini adalah salah satu kuliner andalan kota Tegal. Rujak teplak ini menggunakan beberapa jenis sayur mayur seperti kangkung, lembayung, daun ubi jalar, daun pepaya, daun singkong, tauge, kok jantung pisang, pare, dan timun yang direbus. Jika rujak umumnya menggunakan bumbu kacang, rujak teplak ini dihidangkan dengan sambel gaul.
 Sambel gaul ini terbuat dari singkong rebus atau kukus yang lalu diuleni hingga halus dan dicampur dengan sambal cabe merah ulek, garam, terasi, dan gula merah. Rujak teplak ini rasanya lebih seru lagi bila dinikmati dengan kerupuk mie atau opak.

2. Soto Tauto.



Soto khas Tegal ini berbeda dengan soto-soto yang ada di daerah lainnya. Perbedaan soto ini karena rasanya manis, asam, dan asin yang berasal dari rasa dan aroma tauco. Dalam semangkuk kecil sauto tegal, kita akan mendapatkan daging ayam yang disuwir-suwir, potongan babat rebus, tauge, bawang prei, brambang goreng, dan tauco. Sauto tegal ini bisa dinikmati dengan lontong ataupun nasi. Tauco inilah yang menandai strategisnya posisi Tegal, sebagai jalur perdagangan. Karena tauco ini konon sejarahnya dibawa oleh pendatang atau pedagang dari Tiongkok. Bila Anda mampir ke Tegal, ada beberapa tempat makan sauto tegal yang cukup terkenal, salah satunya yang ada di Pasar Senggol komplek Alun-alun Tegal. Kendati tempatnya di sudut alun-alun, rasanya terjamin, dan kadang-kadang Anda harus rela mengentre untuk mendapatkannya.

3. Kupat glabed.



Kupat glabed ini adalah ketupatnya orang Tegal. Memang, Kupat glabed hampir mirip dengan ketupat yang lain. Namun, yang membedakannya adalah kuah yang ketal (ngeglabed) dengan topping kerupuk kuningnya. Kupat glabed biasa dinikmati dengan sate kikil dan sate kerang. Kombinasinya pasti akan membuat teman-teman ketagihan. Di Tegal, teman-teman bisa mendapatkan penjual kupat glabed enak di Kelurahan Randugunting Kecamatan Tegal Selatan.

4. Glotak.



Dari namanya saja sudah memang bikin penasaran bukan? Sebenarnya apa sih glotak itu? Glotak merupakan makanan khas Tegal yang terbuat dari gembus, aneka bumbu, dan kaldu yang terbuat dari tulang ayam atau sapi. Sebagai catatan tambahan sebutan orang Tegal untuk tulang ayam atau sapi ini adalah balungan. Pengen tahu kenapa disebut glotak? Karena konon saat bumbu tumisan (bawang merah, bawang putih, cabai, sereh, dan tentunya daun salam) yang dicampur dengan kaldu tulang, saat diaduk berbunyi klotak klotak klotak. Nah, oleh sebab itu disebut dengan glotak. Glotak biasanya bisa dinikmati untuk cocolan kerupuk antor atau kerupuk mie goreng. Lebih afdol jika glotak dinikmati dengan alas daun pisang.

5. Nasi lengko.



Nasi lengko adalah nasi yang disajikan dengan mentimun dan tahu goreng yang dipotong dadu, tempe oreg, tauge, disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis kemudian ditaburi bawang goreng dan temukan kerupuk.
Nasi lengko ini cocok disantap saat sarapan maupun makan malam yah. Karena isiannya yang banyak sayuran , jadi tidak memberatkan kerja perut.
Di tegal banyak warung yang menyediakan menu nasi lengko, dengan harga yang terjangkau.

Itulah 5 kuliner khas tegal yang paling ngangenin, karena hingga saat ini belum menemukan penjual makanan tersebut di Semarang. Jadi ketika berkunjung ke kota Tegal, makanan tersebut wajib kalian coba.


Wednesday, 13 September 2017

toilet training untuk balita


Mengajari anak untuk memakai toilet training sangatlah penting. Anda tidak perlu lagi kerepotan mengganti popoknya ketika sedang sibuk melakukan aktivitas rumah tangga lainnya. Selain meringankan beban Anda, kemampuan memakai toilet sendiri juga dapat bermanfaat bagi si Kecil pada masa mendatang dalam kehidupannya.

Namun perlu diingat bahwa sebelum memutuskan untuk memberikan toilet training, Anda harus tahu kesiapan anak Anda.

Toilet training adalah proses ketika anak belajar untuk buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di toilet selayaknya orang dewasa. Pada tahap ini, anak diajari untuk tidak lagi mengeluarkan air seni dan tinja pada popok. Kemampuan memakai toilet juga berguna untuk mengetahui apakah anak Anda tumbuh dengan normal atau tidak.


Bagaimana Cara Membimbing Anak Selama Toilet Training?

Ketika anak sudah siap menjalani toilet training, peran Anda dan seluruh anggota keluarga sangat dibutuhkan, jadi pastikan bahwa seluruh anggota keluarga siap membantu proses ini. Tidak hanya itu, pastikan kondisi rumah dalam keadaan normal dan tenang (tidak ada masalah dengan sesama penghuni rumah).

Langkah-langkah awal yang harus Anda lakukan untuk menunjang proses toilet training pada anak antara lain:

1. Kenalkan anak kepada toilet. Mulailah menjelaskan penggunaan toilet, seperti toilet digunakan untuk BAK dan BAB. Katakan kepada anak ketika mulai memakai toilet, berarti dia harus melepas popoknya dan menggantinya dengan celana dalam. Jelaskan pula bahwa anak sudah tidak bisa BAK dan BAB pada popok atau celana dalam. Untuk mempermudah anak mengatakan istilah BAK dan BAB, Anda bisa menggantinya dengan kata ‘pipis’ atau ‘ee’. Jangan lupa untuk menjelaskan pula kedua arti kata tersebut agar anak memahami makna yang sebenarnya.

2. Pilih pispot. Saat mengajari anak untuk mulai memakai toilet, Anda tidak bisa menggunakan toilet normal. Gunakanlah pispot untuk anak-anak hingga ukuran tubuhnya mampu menjangkau toilet orang dewasa. Ajak anak untuk memilih sendiri pispot yang akan dia gunakan. Biarkan dia mencoba berbagai pispot hingga menemukan sebuah pispot yang nyaman. Selain pispot, Anda juga bisa membeli tempat duduk kloset untuk anak-anak agar dia bisa menikmati aktivitas pada toilet sungguhan.

3. Ajak anak saat Anda beraktivitas di toilet. Untuk memudahkan proses toilet training, melihat aktivitas secara langsung di toilet sangatlah penting. Contohnya, Anda bisa mengajak anak ketika Anda ingin memakai toilet, itu pun jika Anda merasa nyaman. Jelaskan apa saja yang Anda lakukan saat itu.

Saatnya praktek.

Kini saatnya Anda membiasakan anak untuk BAK atau BAB di kamar mandi memakai pispot atau tempat duduk kloset. Untuk mempermudah proses ini, pakaikan baju yang mudah dilepas dan dipakai oleh anak seorang diri. Selanjutnya ajari dia tata cara saat memakai toilet seperti:

1.  Mengajari cara duduk yang benar saat memakai pispot atau tempat duduk kloset. Anda bisa menggendongnya ketika Anda memilih memakai tempat duduk kloset.

2. Setelah selesai BAK atau BAB, ajari dia untuk membersihkan alat kelaminnya. Jika anak Anda perempuan, ajari untuk membasuh alat kelaminnya memakai tangan kiri dimulai dari arah depan vagina, kemudian ke bagian anus. Hal ini bertujuan untuk mencegah berpindahnya bakteri dari anus ke vagina. Namun anak-anak yang belum berusia 4 hingga 5 tahun biasanya tidak bisa membersihkan alat kelaminnya dengan benar, terutama setelah BAB. Pada saat inilah Anda bisa membantu membersihkannya.

3. Jika Anda memiliki anak laki-laki, ajari untuk mengarahkan penisnya ke bawah pispot atau toilet demi menghindari air seni terciprat pada bagian depan tempat duduk pispot atau kloset. Ajari anak Anda untuk membersihkan penisnya dengan air usai melakukan BAK.

4. Bantu anak untuk menekan tombol flush pada toilet usai BAK atau BAB. Jika anak Anda tidak berani menekannya, Anda tidak perlu memaksakan. Jika Anda menggunakan pispot, ajak anak untuk melihat proses pembuangan air seni atau tinja dari pispot ke kloset. Hal itu berguna agar si Kecil tahu tempat pembuangan terakhir air seni atau tinja adalah di kloset.

5. Setelahnya, ajari anak Anda untuk mencuci tangan yang benar usai memakai toilet.

Pada tahapan ini, cobalah untuk sering memberi si Kecil pujian. Puji tiap aktivitas yang berhasil dia lakukan untuk menambah kepercayaan dirinya di masa mendatang.

Ingat selama proses ini, jangan pernah meninggalkan anak tanpa pengawasan di kamar mandi demi menghindari kecelakaan, seperti terpeleset atau memasukkan sesuatu yang berbahaya ke dalam mulut.

Mengajari anak menggunakan toilet memang butuh kesabaran. Hari ini mungkin dia mau mengikuti semua proses toilet training, namun hal itu bisa saja berbeda pada keesokan harinya. Intinya, jangan memaksa jika memang anak tidak mau melakukannya. Bersabarlah hingga anak benar-benar terbiasa tanpa popoknya.

Tulisan INI dibuat untuk tugas membuat tulisan Features dalam workshop internet baik Dari TELKOMSEL.

Kecelakaan beruntun di Akpol Semarang


photo tribun Jateng

Rabu 13 September 2017 pukul 08.00 wib terjadi kecelakaan beruntun di jalan Sultan Agung persis di depan gerbang AKPOL Semarang. kecelakaan ini melibatkan 4 kendaraan diantaranya : satu unit bus, satu unit mobil dan dua unit kendaraan bermotor.

Sampai dengan saat ini, informasi sementara ada dua korban meninggal dunia. Dengan identitas David vidi noor jandhy (30) warga Kelurahan Gajahmungkur. Dia mengendarai motor Honda Beat H 3601 AWG. dan eko susilo (33) warga Kelurahan Lempongsari, mengendarai motor Yamaha Vixion H 6136 BJG.

Kecalakaan ini bermula ketika mikrobus Prima Sentosa N 7735 VT, yang dikemudikan Moch Sufar (45), warga Jalan Anggur, Kidul Dalem, Bangil, Pasuruan Jatim, melaju tak terkendali. Bahkan bus tersebut Sempat menerabas marka jalan di pertigaan Don Bosko

Dari arah yang berlawanan, tenyata padat kendaraan, karena memang pada jam tersebut jalanan ramai waktunya para pekerja yang akan berangkat ketempat kerjanya.

kemudian bus menabrak dua kendaraan bermotor dan satu unit mobil. Dua pengendara kendaraan motor tersebut meninggal dunia, dan Mobil Kijang Innova H 8543 MY yang tertabrak rusak parah.

Korban yang meninggal dunia di tempat kejadian, langsung dibawa oleh personil unit laka ke RSUP DR. Kariadi. Sementara itu pengemudi bus, saat ini masih diperiksa guna mengetahui penyebab kecelakaan tersebut.


sumber tribun jateng.

Saturday, 9 September 2017

2 film favorit sepanjang masa

Saya suka nonton film, baik di televisi maupun di bioskop. Tapi film yang langsung habis ceritanya dalam sekali tayang  atau seri tapi pendek yah, bukan seperti Sinetron yang panjang sampai 1000 episode. Alasannya sih agar tidak  ketagihan dan akhirnya sampai menyesal ketika tidak bisa mengikuti walaupun satu episode saja.

Sepertinya kesukaan nonton film bermula ketika masih sekolah di Taman Kanak-Kanak (TK) abah sering sekali mengajak saya nonton film kolosal di bioskop. Meskipun saat ikut belum begitu ngeh tentang film nya, tapi rasanya happy aja kalau diajak Ke bioskop.

Inget juga pas jaman SMA, waktu rilis film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) pertama kali tanggal 14 februari 2002 yang lalu. Waktu itu saya sekolah di Pemalang, rela bela-belain bolos sekolah demi nonton film tersebut di Tegal. Selama perjalanan pelamang - tegal kehujanan, eh sampai bioskop ternyata belum tayang karena baru tayang di kota-kota besar saja.

Nah, dari kesekian banyak film yang sudah di tonton, ada beberapa yang menjadi favorit meski film tersebut rilis sudah lama dan sering ditonton.

Berikut 2 film favorit sepanjang masa versi saya :

1. Cinta pertama.



Film yang rilis tahun 2006 bergenre drama ini pemain utama di perankan oleh bunga citra lestari ( Alia), Ben joshua ( Sunny) dan Richard Kevin (abimanyu). Disutradari oleh Nayato Fio Nuala dan di produksi oleh Maxima Pictures, I Media, Cinema Factory.

Film ini berkisah tentang kisah cinta seorang gadis bernama Alia, yang jatuh cinta dengan teman SMU nya bernama Sunny. Sebenarnya kedua nya saling menyukai tapi keduanya tidak pernah mengungkapkannya. Hingga akhirnya Sunny melanjutkan kuliyah ke luar kota, dengan meninggalkan sejuta pertanyaan dalam hati Alia.

Kisah cinta Alia dan Sunny diketahui oleh abi, tunangan Alia setelah beberapa tahun kemudian. Saat alia terbaring koma karena kanker otak. Selama alia koma, abi membaca buku harian alia sejak masih SMU. Dari situlah abi tau bahwa ada kisah yang belum terselesaikan antara alia dan sunny. Kemudian abi mencari sunny, untuk bertemu dengan Alia. Dan akhirnya Alia meninggal setelah mendapat jawaban dari sunny.

yang membuat saya suka film ini karena alurnya yang tidak monoton, dan banyak puisi yang tertulis dibuku alia yang sangat saya suka. Salah satunya :

"Seseorang yang kita pikir adalah milik kita, ternyata bukan benar-benar milik kita, kita memiliki hatinya, tubuhnya dan cintanya
Tapi kita tidak akan pernah memiliki jalan hidupnya”.

Dari puisi ini yang abi temukan dalam buku harian alia lah yang mengantarkan abi ingin mengetahui lebih dalam masa lalu alia.

Kemudian puisi lain yang saya suka : 

"Aku merasa ada yang hilang, tanpa tahu apa yang sudah aku temukan.
Aku merasa menemukan tanpa tahu apa yag aku cari dan aku seperti masih mencari tanpa tahu apa yg sudah hilang..
Manusia memiliki mimpi.. ada yg mengejar dan mewujudkannya… ada yg mundur dan membuangnya, adapula yang diam dan hanya menyimpannya sepanjang sisa hidupnya., dan aku akan menjadi manusia yg terakhir itu…”

saking suka nya dengan film ini, dulu saya copy di komputer dan menontonnya berkali-kali sampai hafal setiap dialognya. pokoknya, ketika menonton film ini kita serasa di giring untuk bernostalgia dengan romansa jaman SMU.

Selain itu, soundtrack film ini juga bagus- bagus bahkan beberapa menduduki charts teratas di radio- radio. Diantaranya yang berjudul Sunny (cinta pertama) dan aku tak mau sendiri.

2. Underworld



Film kedua favorit saya adalah underworld, sebuah film horor kolosal dari amerika yang liris pertama kali pada tahun 2003. Film ini ternyata berseri hingga 5 bagian dengan alur mundur dari bagian 1 hingga bagian  3 Dan kembali ke masa kini pada bagian ke 4 dan 5.

Awalnya saya menonton underworld : rise of the lycans yang sebenarnya adalah bagian ke 3, Pada tahun 2009 di bioskop. Film ini di bintangi oleh kate beckinsale (selena) , michael sheen (lucian), bill nighy ( victor) dan rhona mitra (sonja).

Bercerita mengenai sonja anak dari victor sang raja klan vampir, yang memiliki hubungan terlarang dengan lucian yang seorang lycan (manusia serigala). Lucian merupakan budak dari kaum vampir, itulah mengapa victor begitu marah ketika mengetahui hubungan sonja dan lucian.

Dalam pengadilan dewan, mereka berdua dihukum, sonja dihukum mati disengat sinar matahari hingga gosong didepan mata lucian. Kemudian lucian marah dan menyerang bangsa vampir bersama dengan kawanan lycan lain nya yang sudah menaruh dendem dengan kaum vampir.

Diakhir cerita, victor berhasil melarikan diri dan menunjukan dia lolos hingga menunjukan tahun 2003.
Ternyata itu adalah petunjuk bahwa film tersebut adalah kelanjutan dari bagian sebelumnya dari film underworld. Karena sudah terlanjur suka dengan film ini, saya malah penasaran ingin menonton 2 bagian sebelumnya. Maka langsung deh hunting DVD nya, dan alhamdulillah dapat langsung tiga bagian.

Bagian kedua merupakan kelanjutan cerita dari bagian ke 3, alurnya mundur. Dibagian ke dua ini berjudul "underworld evolution" yang rilis pada tahun 2006 dan bagian pertama berjudul "underworld" rilis pada tahun 2003. Ceritanya masih sekitar pertentangan antara kaum vampir dan lycan.

Kemudian pada tahun 2012, kembali rilis bagian yang ke 4 berjudul " underworld : Awakening # dan bagian ke 5 berjudul " Underworld : Blood war " yang rilis pada tahun 2016 kemarin.
Meskipun berseri, tapi Film ini selalu menyajikan keseruan yang berbeda di tiap bagiannya. Membuat penonton tidak bosan, bahkan penasaran akan seri berikutnya. Untuk anda yang suka menonton film action sepertinya Film seri underworld ini bisa jadi pilihan.

Nah, itu tadi 2 film favorit sepanjang masa versi saya. Tulisan ini sebenarnya merupakan bagian dari arisan link bloger gandjelrel putaran ke 8 yang di menangkan oleh sri untari dan ira sulistiana dengan tema " film favorit sepanjang waktu".

Tips memilih jilbab praktis 1 menit jadi.

Siapa yang kalau mau pergi ke kondangan dandan bisa lama hingga berjam-jam?. Belum lagi bagi yang berhijab, masih harus memilih jilbab yang warnanya sesuai dengan baju yang akan dikenakan, dan membentuknya menjadi hijab cantik. Kalau untuk wanita single atau yang tidak memiliki anak balita mungkin tidak masalah, tapi bagi wanita yang memiliki balita atau ketika sedang terburu-buru pasti jadi masalah. Karena kalau kondangan kan biasanya ketemu banyak orang, jadi penampilan menjadi hal yang penting.

Nah, akhir-akhir ini banyak produsen jilbab memunculkan produk jilbab instan. Tapi model jilbab instan seperti apa yang cocok untuk kita?


Berikut 3 tips memilih jilbab praktis 1 menit jadi :


1. Pilih Model jilbab yang sesuai dengan bentuk wajah. Jika salah memilih model jilbab, bisa jadi  membuat wajah tembem terlihat lebih tembem.


2. Pilih model jilbab langsung jadi jarum. Namanya juga jilbab instan, jadi pilih yang sudah bermodel tanpa harus pakai jarum atau peniti lagi, jadi tinggal slup dan merapikan saja.


3. Pilih model jilbab yang sesuai untuk segala acara dan suasana. pilih jilbab dengan model sederhana tapi elegant, dengan maksimal 1 tambahan aksesoris agar bisa digunakan ketika acara santai maupun formal.


Bagaimana apakah sudah menemukan model jilbab yang sesuai dengan tips diatas?. seperti jilbab instant tiara hijaber, jilbab yang memiliki tag line 100% jilbab instant tanpa jarum pentul cocok sekali untuk anda yang ingin tampil cantik instant tanpa ribet. Karena jilbab ini modelnya bisa disesuaikan untuk segala bentuk wajah dan cocok dikenakan untuk acara santai maupun formal.


Share