Friday, 19 July 2013

MEMAHAMI GAYA BELAJAR ANAK


kira-kira apa gaya belajarku?

Sebagai orang tua apakah kita pernah memperhatikan bagaimana gaya belajar anak kita?. Ternyata sebagian besar orang tua kurang memperhatikan bagaimana gaya anaknya dalam belajar. Karena mereka sudah mempercayakan 100% pendidikan anaknya ke sekolah. Padahal dengan mengetahui gaya belajar, kita dapat mengarahkan anak untuk belajar efektif sesuai dengan gayanya.
Justru, kadang sekolah atau orang tua yang tidak tahu mengenai gaya belajar anaknya bisa dengan mudah memberi label seorang anak kinestetik dengan “anak nakal”. Padahal memang bawaan anak tipe kinestetik yang tidak bisa diam. Sebaliknya pendidikan di Negara kita sangat diuntungkan oleh anak dengan tipe auditori, karena para pendidik yang cara mengajarnya hanya menjelaskan secara lisan dan stay di tempat. Sedangkan anak visual harus dijelaskan dengan gambar dan kinestetik dengan praktek.

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita sangat perlu memahami bagaimana tipe/gaya anak kita belajar, Agar lebih efektif. Selain itu dengan anak, kita juga perlu mengetahui gaya belajar pasangan, hal ini bisa meminimalisir mis understanding. Untuk mengetahui cirri-ciri masing-masing gaya belajar silahkan baca disini.

7 comments:

  1. tulisan di blog ini untuk pancingan masuk ke blog satunya ya heheheee.... oke deh, siap...meluncur ke tkp ;)

    ReplyDelete
  2. bukan disekolah saja, tapi dirumah kita juga harus mendidik agar anak menjadi lebih baik dan bisa diterapkan di masyarakat kelak besarnya.

    ReplyDelete
  3. Memang sangat penting ya mbak mengetahui gaya belajar anak karena kalau sudah mengetahui gaya belajarnya seperti apa tinggal kitanya saja yang membantu dan mengarahkanya.

    ReplyDelete

Share