Monday, 27 May 2013

Modelling pada anak



Kalila, gadis kecil berusia 1,5 tahun  anak tetangga yang lucu dan imut. Entah mengapa ada saja tingkah polahnya yang membuat saya tersenyum, jangankan kalau lagi happy lagi nagis aja dia tetep lucu. Mungkin karena saya sudah cukup dekat dengan dia semenjak masih berusia 1 bulan.
Karena ayah dan ibunya bekerja, maka tinggalah dia bersama sang kakak yang berusia 3,5 tahun dan pengasuhnya. Tak jarang saya “ meminjam” dan membawanya ke rumah sekedar untuk teman bermain, maklum saya dirumah sendirian. Sebenarnya bukan hanya dijadikan teman main, saya sengaja mendekatkan diri dengan kalila agar saya dapat belajar tentang pertumbuhan balita.
Ternyata memang ngasikkan, banyak pelajaran yang bisa saya ambil selama bersamanya. Salah satunya tentang modeling. Ternyata anak kecil akan meniru apapun yang dilakukan oleh orang-orang disekitarnya, tak perduli itu baik ataupun tidak. Apalagi bila dilakukan secara berulang-ulang, bisa jadi hal tersebut akan menjadi program bagi sang anak. Oleh karena itu kita harus ekstra hati-hati dalam bertingkah laku ataupun bertutur kata di depan anak-anak kita.
Kalila memang suka meniru apapun yang dilakukan kakaknya, contonya saja bermain sepeda. Meskipun dia sudah memiliki sepeda sendiri yang sesuai dengan usianya, akan tetapi setiap melihat sepeda kakaknya tergelatak, maka dia langsung menghampiri dan ingin menaikinya.

 Kebetulan saya merekam ketika kalila ingin bermain sepeda kakaknya, berikut:



No comments:

Post a Comment

Share