Friday, 27 October 2017

5 ruangan yang bikin betah di rumah



Berbicara mengenai rumah idaman, kebanyakan orang menginginkan rumah di pedesaan atau pegunungan dengan udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang segar. Jauh dari hiruk pikuk dan gemerlap kehidupan di kota, sambil menikmati masa tua bersama keluarga.
Saya sendiri yang lahir dan dibesarkan di desa, rumah mewah (mepet sawah) justru sebaliknya. Saya menginginkan rumah dipinggiran kota, agar dekat dengan berbagai fasilitas umum, tempat suami bekerja dan anak-anak bersekolah.

Meskipun orang tua dan mertua menawari untuk membangun rumah di desa, tapi sampai dengan saat ini saya dan suami belum Ada keinginan kesana.

Ya mungkin karena sudah dari lahir di desa, dan sekarang aktifitas suami dan anak-anak di kota. Jadi pilihan saya jatuh ke pinggiran kota. Kenapa pinggiran kota? Karna suasana masih seperti didesa, tapi masih bisa menjangkau aktifitas dan fasilitas di kota. Misal di daerah ungaran, gunung pati atau mijen.

Disana udara masih sejuk dan suasana masih asri, tapi jarak ke kota semarang masih terjangkau.

Untuk rumah, saya ingin yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Awal menikah saya tinggal dirumah tipe 21, rasanya longgar karena masuk rumah tersebut hanya membawa baju saja tanpa perabotan apapun. Seiring berjalannya waktu, rumah terasa sempit karena dihuni 5 orang dan penuh dengan perabotan.

Saat ini alhamdulillah, sudah pindah ke rumah yang lebih besar tapi tidak terlalu luas. Pas lah sesuai dengan impian semasa masih tinggal di rumah lama. Karena ada beberapa ruagan yang dulu saya dan suami andai-andaikan ada ketika memiliki rumah sendiri, yang akan membuat kami lebih betah di rumah.

Nah, berikut 5 ruangan yang bikin betah di rumah versi saya dan suami :

1. Ruang kerja dan perpustakaan pribadi.

Suami saya adalah seorang pekerja mandiri atau wiraswasta. Kalau ada job atau meeting baru keluar rumah, selebihnya ia menghabiskan waktu di dalam rumah. banyak hal yang berkaitan dengan pekerjaannya dia kerjakan di rumah, oleh sebab itu perlu tempat yang nyaman untuk kerja di rumah.

Ruang kerja menjadi satu hal penting yang harus ada, agar suami bisa tetap berkarya di rumah dengan nyaman dan tanpa gangguan anak-anak.

Selain sebagai ruang kerja, ruangan ini juga berfungsi sebagai perpustakaan pribadi. Suami hobi membaca dan banyak sekali koleksi buku yang berkaitan dengan pekerjaan nya. Oleh karena itu, buku-buku koleksinya tersebut diletakkan di ruang yang sama dengan ia bekerja. Tujuannya agar mudah terjangkau ketika dibutuhkan.

2. Dapur yang luas dan nyaman.

Saya bukan ahli memasak, tapi suka mengajak anak-anak eksplore di dapur. Awalnya sih karena tidak ada asisten, tapi tetap bisa memasak sambil mengawasi anak yang masih batita. Tidak menyangka lama-kelamaan mereka enjoy dan tidak jarang mengajak saya membuat sesuatu atau mencoba resep baru.

Karena dirumah yang dulu dapurnya sempit, dan ruang gerak terbatas. Maka saya menginginkan dapur yang lebih luas, bersih dan anak-anak nyaman.

3. Taman belakang.

memiliki taman belakang merupakan salah satu ruang yag kami impikan ada di rumah kami kelak. taman tersebut berada dibagian samping atau belakang dari rumah. Di taman tersebut terdapat kolam ikan lengkap dengan air mancur kecil, karena suami sangat suka dengan ikan.

Selain itu ada lahan yang cukup untuk berkebun, yang bisa ditanami sayur mayur, bumbu dapur atau tanaman obat dalam pot. 

Disisi lain ada ada kandang burung yang berkicau, dan bangku yang bisa digunakan untuk ngeteh atau bersantai bersama keluarga.

4. Mushola out door.

Suatu hari saya berkunjung ke rumah teman yang memiliki mushola out door. Letaknya persis di samping kolam renang dan tidak atau pintu maupun tembok yang menghubungkan dengan halaman belakang.

Saya dan suami langsung jatuh hati, kelak jika punya rumah sendiri ingin letak musholanya juga outdoor. "Agar bersentuhan langsung dengan alam, jadi kalau tahajut lebih nyaman" begitu pendapat suami.

Tidak harus dekat kolam renang atau taman belakang. jika memang lahan tidak cukup, mushola bisa diletakkan di lantai atas dengan konsep seperti gazebo. Jadi tetap bisa langsung berinteraksi dengan alam.

5. Kamar utama menghadap taman belakang.

saya menginginkan memiliki kamar utama yang menghadap taman belakang. Jadi ketika membuka jendela kamar bisa langsung melihat kolam ikan, mengawasi tanaman kesayangan, mendengarkan gemercik air dari kolam ikan, dan kicauan burung. 

Jadi meskipun nanti rumah tidak di desa, tapi bisa mendapat feel seolah-olah seperti di desa.

Itulah 5 ruangan yang bikin betah di rumah versi saya dan suami. Meskipun rumah yang kami tempati saat ini adalah rumah kontrakan, tapi kami sangat bersyukur karena Allah sudah mengabulkan keinginan saya dan suami untuk menempati rumah yang nyaman sesuai dengan impian. Dan 5 ruangan yang bikin betah di rumah tersebut ada di rumah yang kami tempati saat ini.

Harapan saya, semoga diberikan kemudahan dan keberkahan rezeki agar segera memiki rumah pribadi yang dibeli cash. Dengan lokasi dan bentuk sesuai yang kami impikan.
bagaimana dengan rumah impian masa depan kalian?

Tema tulisan ini sesuai dengan tema arisan blog gandjel rel yang ke 14. Yang diusulkan oleh duo arsitektur cantik mbak Archa Bella dan Dian nafi.

Friday, 20 October 2017

3 aktivitas yang bikin emak happy di rumah.


Menikah ternyata tidak hanya mengubah status di KTP dari lajang menjadi menikah, tapi juga merubah pola pikir dan gaya hidup. Waktu masih lajang mau pergi kemana aja bebas, yang penting dapet ijin orang tua dan bikin gue happy. Minimal sebulan sekali entah beli baju, sepatu, atau tas baru demi penampilan yang oke. Tapi setelah menikah bahkan punya anak, apapun yang dilakukan pertimbangannya makin banyak. Ya ijin dari pasangan, gimana anak-anak? , pantes atau tidak “hal tersebut” dilakukan? . itu sih kalau saya, bagaimana dengan anda yang juga sudah menikah?.

Semenjak menikah, saya benar-benar merasakan perbedaan tersebut. Dulu waktu masih lajang, salah satu hoby saya adalah jalan-jalan, makan dan nonton. Apalagi hobi tersebut sudah ada sejak kecil karena orang tua seneng banget ngajak saya jalan-jalan dan pasti jajan dan makan “diluar”. Bahkan abah saya sudah ngajak nonton bioskop sejak saya masih TK. Jadi ga heran lah kalau akhirnya saya punya hobi tersebut.
Dulu, salah satu kriteria waktu cari pacar juga yang suka ngajak jalan, makan dan nonton. Dan ketemulah dengan si doi yang kini jadi suami.

Tapi ternyata setelah menikah, ga gampang untuk menjalankan hobi tersebut seperti masih lajang. Suami  agak susah di ajak jalan karena kerjaan yang banyak di jalan, jadi bosen kali yah kalo sampe rumah di ajak jalan lagi ma istri?. Belum lagi biasanya doi justru sibuk di hari weekend, jadi jalan kalo lagi ada perlu atau butuh sesuatu.

Alhamdulillah sih akhir-akhir ini dia sadar, sesekali ngajak liburan untuk menyeimbangkan hidup cie..Menyadari kenyataan dan keadaan tersebut, saya sekarang punya 3 aktifitas yang bikin happy di rumah.Biar ga stress mikir kerjaan rumah yang tak kunjung habis atau tiap hari denger rengekan anak-anak yang kadang bikin darah rendah.

3 aktivitas yang bikin emak tetap happy di rumah, antara lain:

1. Jalan-jalan di dunia maya aka stalking sosmed.


menyadari sekarang suami plus partner jalan yang makin sibuk dan kehadiran duo balita sholihah yang ga bisa lepas dari ibu nya,  membuat hobi jalan-jalan terpaksa dialihkan. Ya dialihkan dari jalan-jalan menyusuri bumi Allah yang indah, jadi jalan-jalan di dunia maya atau sering disebut stalking sosmed (sosial media).

Sekedar baca status atau tulisan teman-teman, sudah cukup membuat saya happy. Karena dari sosmed kita biaa tau bagaimana kabar dan aktifitas teman atau kerabat. selain itu dari stalking sosmed juga kita bisa tau trend fashion terbaru, tempat wisata atau nongkrong yang lagi hits, bahkan film terbaru pun bisa kita ketahui dari stalking sosmed.
selain itu, dari stalking sosmed ini saya bisa baca-baca tulisan resum kulwap atau seminar parenting dari status teman atau blog post yang berisi informasi yang saya rasa perlu untuk di baca.

2. Nonton film "bioskop" di Televisi.

Jaman masih lajang saya hobi banget ninton di bioskop. Pernah jaman SMA bolos dan kehujanan sepanjang jalan demi nonton Film AADC. waktu masih SD - SMP sering diajak sepupu nonton film india kalau lagi main rumahnya di jakarta. Dan waktu kerja, selalu bawain abah makanan kesukaan sebagai "sogokan" waktu pulang malam karena abis nonton di bioskop sepulang kerja.
Berhubung sesudah menikah suami kurang suka nonton, dan sekarang anak-anak masih balita. Maka hobi nanton di bioskop terpaksa ditahan deh.

Salah satu pengobat rindu dari hobi nonton di bioskop adalah nonton film "bioskop" di Televisi (tv). Jujur meski sudah jadi emak beranak 2, saya tetap tidak suka nonton sinetron atau drama berseri di televisi. Takut kecanduan dan gelo ketika ketinggalan satu episode. Drama berseri yang saya suka adalah drama korea, itupun biasanya nonton di laptop.

Saya lebih suka film yang langsung habis atau berdurasi 2-3 jm saja, ga bikin penasaran. Beruntung saat ini beberapa stasiun televisi dalam negeri setiap hari ada yang menayangkan film-film Hollywood maupun indonesia yang pernah tayang dibioskop. 

Biasanya saya menonton ketika malam anak-anak sudah tidur dan suami belum pulang. Itu bisa jadi "me time" yang indah, apalagi sambil ngemil dan minum kopi.

Kadang hari pagi saat si kakak sekolah dan si adek tidur, sambil menyetrika atau masak saya juga suka nonton FTV.

3. mencoba resep baru.


Saya punya satu hobby baru yang datang karena tuntutan dari anak-anak. si sulungku, lagi seneng-senengnya eksplore di dapur, setiap hari ada saja keinginannya untuk bikin sesuatu. Padahal saya ga jago masak atau bikin kue, paling bisa masakan warteg. 

Tapi demi anak, akhirnya saya rela berburu resep dan mencobanya bersama-sama. Meskipun pada akhirnya cuma saya dan suami yang makan karena dia tidak suka ngemil.
Dari mencoba resep ini setidaknya saya bisa stok cemilan sehat dan hemat. dibandingkan beli jadi, dengan membuat sendiri kita bisa atur sesuai budget dan bahan-bahan yang digunakan aman untuk anak-anak.

syukur-syukur dari hobi ini, bisa menjadi peluang usaha yang bisa dikerjakan dari rumah.

Nah itulah 3 aktivitas yang bikin emak tetep happy di rumah ala saya. Tulisan ini juga guna memenuhi arisan blog gandjelrel putaran ke 13 dengan tema " Aku dan Hobi ku" yang diusung oleh mbak Ika Puspita dan Arina Mabruroh.

Saturday, 7 October 2017

Manasik Haji serasa di Tanah Suci di Firdaus Fatimah Zahra



Menunaikan Ibadah Haji sebagai  Rukun Islam yang Ke Lima merupakan impian setiap umat muslim. Tetapi karena jarak, waktu dan biaya yang tidak murah, sehingga tidak semua umat muslim bisa melaksanakannya. Hanya bagi mereka yang mampu, mau dan mendapatkan panggilan dari Allah sajalah yang bisa menjalankan ibadah haji. Apalagi waktu tunggu dari pendaftaran hingga pemberangkatan Haji saat ini sudah hampir 10 tahun, menjadikan Ibadah Haji merupakan ibadah yang semakin Istimewa.

Bagi umat muslim yang belum bisa melaksanakan haji akan tetapi memiliki keluangan waktu dan uang, bisa melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Karena ibadah Umrah bisa dilaksanakan sewaktu-waktu tanpa menunggu musim haji. Meskipun ibadah umrah ini sifatnya sunnah, akan tetap umrah juga menjadi ibadah impian umat muslim. Karena dengan umrah, kita bisa melksanakan ibadah layaknya ibadah haji di mekkah dan madinah sekaligus berziarah ke makam para nabi.

Bagaimana jika belum mampu untuk berhaji maupun berumrah? Akan tetapi ingin juga menikmati suasana layaknya beribadah di mekkah maupun dimadinah?. Nah saat ini sudah ada Firdaus Fatimah Zahra yang merupakan tempat manasik haji yang dibagun oleh Biro Umroh dan Haji Fatimah Zahra Semarang di daerah Gunungpati Kota Semarang.

Ditanah seluas 3 hektar ini dibagun tempat manasik haji lengkap dengan berbagai replika tempat suci di mekkah maupun madinah. Diantaranya masjidil Haram, Ka,bah, makam ibrahim, masjid nabawi lengkap dengan replika Roudah, padang arafah, bukit safa dan marwah, mina, muzdalidah dan jabal rahmah. Awalnya tempat ini hanya digunakan untuk Manasik jemaah calon haji maupun umrah yang diberangkatkan oleh biro Fatimah Zahra, namun saat ini sudah dibuka untuk umum.

Pas sekali dengan teman arisan link bloger Gandjelrel ke 12 dengan tema “ yang pertama” Tema ciamik ini diusung oleh mama Arkan mbak Wuri Nugraeni dan mbak Dini Rahmawati yang cantik nan anggun. Saya mau cerita mengenai Pengalaman pertama melaksanakan Manasik Haji di Firdaus Fatimah Zahra bersama majelis Taklim Masjid baitussalam Ngaliyan Semarang. Berhubung saya generasi zaman X yang waktu sekolah belum ada manasik haji, jadi ini benar-benar pengalaman pertaman saya. Tidak seperti anak generasi Y yang sudah dikenalkan manasik Haji sejak sekolah di Taman Kanak-kanak.

Saya dan rombongan melaksanakan manasik di Firdaus Fatimah Zahra pada hari minggu tanggal 24 September 2017 yang lalu. Ketika sampai dilokasi, kami diberi “Paspor” dari Fatimah Zahra yang juga berfungsi sebagai tiket masuk ke lokasi tersebut.

1.    Cek in Di bandara King abdul Aziz Jedah.


Bagi yang sudah memiliki “Paspor” bisa langsung masuk ke dalam dengan menunjukkan “paspor” tersebut, kemudian akan di periksa oleh bagian imigrasi di Bandara King Abdul Aziz jedah. Didalam miniatur bandara ini terdapat loket pemeriksaan imigrasi, dan pengambilan koper. Ketika masuk ke Dalam bandara, berjejer toko-toko yang menjajakan oleh-oleh khas ibadah haji/umrah, toilet dan juga ruang tunggu yang nyaman.Suasananya persis seperti sedang berada di bandara.
Disini pembimbing manasik mulai menjelaskan tata cara, syarat rukun dan hal-hal lain yang berkaitan dengan persiapan melaksanakan ibadah haji/umrah. Termasuk mempraktekkan cara mengenakan pakaian ihrom.

2.    Tawaf di Masjidil Haram.



Setelah dari bandara , jamaah digiring ke miniatur Masjidil haram. Dalam komplek miniatur masjidil Haram ini terdapat Ka'bah, yang merupakan poros atau arah kiblat sholat umat islam se Dunia. Disana kita mempraktekkan tawaf (memutari Ka'bah) sebanyak 7x seperti yang dilakukan umat muslim ketika melakukan ibadah haji/umrah.

selain ka'bah di dalam komplek masjidil Haram juga terdapat "Hajar Sawad" dan makam Nabi Ibrahim.

3.    Sai dari bukit Safa ke Bukit Marwah



Setelah tawaf, jama'ah masuk kesebuah lorong yang merupakan jalan yang dilalui untuk sai. disana jama'ah mempraktekkan Sai ( lari-lari kecil) dari bukit Safa ke bukit Marwah. 
Sai ini sendiri merupakan cerminan kisah siti Hajar istri Nabi Ibrahim yang kala itu mencari air untuk Sang anak Ismail, dengan berlari bolak-balik dari bukit safa ke bukit marwah. di firdaus Fatimah Zahra memiliki miniatur bukit safa, bukit marwah dan lorong jalan yang menghubungkan kedua nya. dibuat semirip mungkin sehingga kita bena-benar merasa di sana.

4.    Bermalam Di muzdalidah




ketika melaksanakan ibadah Haji, salah satu rukun wajib nya adalah mabit (bermalam) di arafah dan muzdalifah. firdaus fatimah Zahra membuat kawasan perkemahan seperti di arafah dan muzdalifah lengkap dengan toilet yang bentuknya khas seperti di muzdalifah.


5.    Melempar jumrah




melempar jumrah merupakan salah satu rukun haji yang wajib, nah disini juga terdapat miniatur Jamarat yaitu tempat untuk melempar jumrah. ada tiga jamarat yaitu : Ula, wustho dan aqobah. 

6.    Jabal Rahmah






      Jabal Rahmah berarti bukit kasih sayang, tempat dimana siti hawa dan Nabi Adam A.S bertemu pertama kali setelah diturunkan dari syurga. bukit ini dipercaya bisa mempererat jalinan kasih bagi yang sudah memiliki pasangan. bahkan ada beberapa yang menuliskan namanya dan pasangannya dengan harapan hubungan mereka akan langgeng. tapi sebenarnya itu tidak diiznkan karena sama saja merusak situs sejarah dan mendekati syirik. 
Firdaus Fatimah Zahra juga memiliki miniatur jabal rahmah, lengkap dengan anak tangga yang digunakan untuk naik kepuncak dan tugu yang terdapat di puncak bukit tersebut.

7.    Sholat arbain di masjid Nabawi.



salah satu yang di inginkan oleh umat muslim ketika ke madinah adalah bisa melaksanakan Sholat Arbain di masjid nabawi.
8.    Berburu oleh-oleh Khas ibadah haji dan umrah.



Tuesday, 26 September 2017

5 Aplikasi Pendukung Ngeblog Via HP


Selamat Pagi, cuaca semarang akhir-akhir ini menjadi sejuk yah?. Alhamdulillah.. Setelah musim kemarau yang berkepanjangan akhirnya hujan turun juga. Sepertinya memang ini menandai datangnya musim hujan. 

Tahun baru, Musim baru dan Semangat baru.. Selamat tahun baru hijriyah bagi yang merayakan, semoga ditahun baru ini banyak hal positif yang bisa kita tingkatkan.
Tahun baru biasanya identik dengan resolusi atau hal-hal yang ingin di lakukan atau ditingkatkan di tahun ini. Untuk saya sendiri salah satu resolusinya adalah pengen serius ngeblog. Meskipun sudah memiliki blog dari tahun 2012, tapi selama ini masih angot-angotan. Bahkan banyak liburnya ketimbang ngeblog nya, alhasil blog nganggur deh.

Salah satu cara agar lebih serius ngeblog adalah dengan membeli domain, jadi yang semula gratisan dari blogspot kini sudah TLD ( top level domain) menjadi .com. Harapannya sih untuk memicu semangat agar lebih rajin lagi nulis nya, tidak hanya pas liputan atau arisan saja.

Selama ini saya ngeblog via Handphone (HP), salah satu alasannya karna laptop rusak dan biaya servis lumayan mahal sama seperti untuk beli HP baru. Buat emak-emak kok rasanya sayang, mending nabung lagi buat beli yang baru. Kedua, dirumah masih punya 2 balita yang ga bisa lihat ibu nya pegang laptop, pasti diminta buat nonton video atau mainan, makanya laptop lama rusak parah huhuhu...

Berdasarkan pengalaman tersebut, maka yang selama ini saya lakukan n dirasa masih cukup aman ya ngeblog via HP. Itupun biasanya pas anak- anak tidur, dan harus esktra sabar ngetik di HP berukuran mini dan kadang tiba-tiba hang. Alhamdulillah.. Terbantu banget sekarang banyak aplikasi yang membantu aktifitas ngeblog via HP yang bisa kita download secara gratis. Berikut aplikasi apa saja yang  biasa saya gunakan ketika ngeblog via HP.

5 Aplikasi pendukung ngeblog via HP :

1. Google Chrome.


Google Chrome ini saya gunakan untuk mencari data ataupun gambar yang berkaitan dengan materi yang akan kita tulis di blog. aplikasi ini biasanya sudah bawaan dari Handphone Android, jadi tidak perlu instal lagi. biasanya saya juga mengedit tulisan di blog lewat chrome, karena tampilannya yang persis seperti di PC jadi mudah dan bisa ngedit kapan dan diman saja.

2. bloger.


Aplikasi bloger for android ini cukup sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Aplikasi ini dilengakapi dengan fitur publikasi artikel, menambah gambar dan label ke entri blog. Selain itu juga bisa menambahkan lokasi ke setiap postingan yang dibuat.

Untuk mengedit tulisan, aplikasi ini juga memiliki fasilitas menebalkan tulisan, memiringkan tulisan, atau pun tebal miring. Serta dapat pula memberikan link di dalam tulisan yang dibuat.

3. Picsart.


Aplikasi Picsart digunakan untuk mengedit foto yang 

4. Snapsheed.


snapseed ini saya gunakan juga untuk edit foto, lebih sering sih untuk ,menambahkan tulisan atau watermark pada foto ayng akan di sematkan di Blog.

5. Sosial Media.



Sosial Media berguna untuk share tulisan di blog, tujuannya agar.


nah, itulah 5 aplikasi pendukung Ngeblog Via HP yang saya gunakan dalam aktifitas ngeblog. tulisan ini juga sebagai Arisan Link Bloger Gandjel rel yang bertema "Aplikasi yang mendukung dunia perbloginganmu". tema ini diusung oleh bloger dan penulis cantik yang baru saja menikah mbak Nyi Penengah Dewanti dan blogger kece mbak Rahma


Friday, 15 September 2017

Buku favorit panduan sehari-hari


Cerita tentang buku favorit, sebenarnya sih saya binggung buku mana yang jadi favorit. Tapi berhubung tema arisan link ke 7 Bertema " buku favoritmu apa yang menginspirasi sehari-harimu " yang di gagas oleh mbak Vita Puspitasari dan Anita Lusia Dewi Saya coba serbagi beberapa buku yang sering saya baca, bahkan jadi panduan sehari-hari.

Berikut 3 buku favorit panduan sehari-hari :

1. Bimbingan Islam Untuk Hidup Muslim (Petunjuk praktis menjadi muslim seutuhnya dari lahir sampai mati berdasarkan Al Qur'an dan Sunah Rasulullah).


Merupakan buku favorit yang saya jadikan sebagai Salah satu rujukan Dalam memahami ajaran Agama Islam. Buku ini seperti Juklak ( petunjuk pelaksanaan) bagaimana seorang Muslim harus menjalani syariat Islam.
Buku Ini berisi tentang penjelasan Ibadah- ibadah yang Ada Dalam rukun Islam, seperti syahadat, sholat, Zakat, Puasa Dan Haji. Semacam buku ilmu Fiqh tapi dikemas Dalam bahasa yang mudah difahami disertai dengan dasar ayat Dan hadist nya.

Selain Itu juga terdapat penjelasan mengenai bagaimana seharusnya akhlak seorang Muslim, hingga membahas menganai Muamalah.

2. HYPNOTHERAPY For Children (Cara mudah Dan efektif menerapi anak ).


Berawal Dari membaca buku Hypnotherapy karya Adi W Gunawan, yang membahas bagaimana menerapy diri sendiri Dan merilis mental block yang Kita miliki selama Ini. Kemudian says tertarik dengan buku Hypnotherapy lain karya Adi W Gunawan, salah satunya Hypnotherapy For Children ini.

Buku ini berisi tentang berbagai Cara membantu anak keluar Dari mental block maupun memiliki "masalah dengan Dirinya" dengan berbagai metode teraphy. Diantara nya : berbagai skrip sugesti, HypnoSleep , Hypno EFT, NLP Dan pemprograman pikiran dengan sensualisasi.

Tapi Dari berbagai metode tersebut, saya lebih sering menggunakan metode EFT yang Sudan dikombinasikan menjadi SEFT ( spiritual freedom technic). Disamping untuk terapi diri sendiri ketika sedang merasa kurang Nyaman, metode ini juga sering saya praktekkan ke anak-anak.

3. Hallo Balita.

Sebenarnya sih INI buku favorit anak-anak, tapi berhubung mereka belum bisa membaca jadi saya deh yang bacain buat mereka. Hallo balita merupakan buku paket Terbitan Mandira Dian Semesta, berisi 25 buku cerita, 1 buku panduan orang tua , Dan satu boardbook berbahasa inggris.
Buku ini saya beli ketika masih mengandung Amira, Dan alhamdulillah awet sampai kini diwariskan ke adiknya.

Awalnya lama sekali mendapat ijin suami ketika akan membeli buku ini, Karena memang harganya yang cukup mahal. Tapi ketika saya coba tawarkan bisa ikut arisan Alhamdulillah suami mengizinkan.

buku yang berisi cerita tentang self help, value, Dan spiritual ini sangat digemari anak-anak. Disamping ceritanya yang simple tapi sarat akan nilai, visualisasi gambarnya juga menarik.

Buku paket hallo balita ini juga dilengkapi Dengan 3 boneka tangan karakter dalam buku tersebut yaitu : Sali, Saliha, Dan Kumi ( kucing milik sali Dan saliha). Buku ini menjadi buku wajib Dan panduan ketika membacakan cerita sebelum tidur ke anak-anak.

Itulah 3 buku yang sering saya baca sekaligus menjadi buku favorit panduan sehari-hari .
Share